Butuh Istirahat Tapi Susah Tidur? Coba Lakuin Hal Ini Aja

0

Sounds Of ConcertLo pernah nggak sih Sob? Lagi capek dan pengen banget istirahat, tapi susaaaaah buat tidur, padahal mata lo udah dimeremin lama.

Ternyata susah tidur tuh nggak cuma karena insomnia aja loh. Bisa jadi mungkin karena lo lagi kebanyakan mikirin gimana cara bayar tagihan Paylater lo. Kalo soal itu.. solusinya ya lo harus kurang-kurangin hobi ngutang lo!

Tapi kalo emang lo nggak tau apa penyebabnya, pokoknya lo susah tidur aja tiap malem. Lo bisa coba lakuin beberapa hal dibawah ini nih Sob.

Ciptakan Suasana yang Nyaman

Bikin suasana kamar tidur lo senyaman mungkin. Karena secara nggak langsung, suasana yang terlalu nyaman bisa bikin lo lebih cepet terlelap loh. Untuk mendapatkan suasana ini, lo bisa mengganti penerangan kamar lo pake lampu yang lebih redup biar suhu kamar lo tetap sejuk.

Bisa juga nih lo pakein minyak esensial atau aromaterapi yang aromanya paling nenangin menurut lo. Contohnya aroma lavender, tea tree, atau chamomile.

Kurangi Konsumsi Kafein

Cara selanjutnya yang bisa lo coba untuk bisa cepet tidur yaitu kurang-kurangin mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Kalo bisa lo nggak usah deh tuh minum kopi, teh, minuman soda, atau minuman berenergi pas menjelang waktunya lo tidur.

Karena saat lo minum yang mengandung hal ini, secara otomatis tingkat kewaspadaan lo meningkat. Yang perlu lo tau, asupan maksimal kafein untuk orang dewasa itu cuma 400 mg per hari atau setara 4 cangkir kopi.

Rutin Olahraga

Udah bukan rahasia lagi kalo berolahraga punya banyak manfaat. Salah satunya, bisa jadi cara ngatasin susah tidur. Setelah berolahraga, tubuh lo akan merasa lelah yang bikin lo bisa lebih mudah buat tidur. Coba deh lo olahraga ringan seenggaknya 20 menit per hari, siapa tau tidur lo jadi lebih mudah dan nyenyak.

Nggak Main Gadget Sebelum Tidur

Hayoo ngaku, siapa yang sebelum tidur main hp atau laptop dulu? Jangan sering-sering ya Sob, nggak baik tau buat kesehatan mata lo. Karena gadget itu mengandung radiasi atau cahaya biru yang ngebikin mata lo capek.

Cahaya biru juga meningkatkan hormon melatonin, hormon yang bisa ngontrol jam biologis yang ada di tubuh. Otak lo bakal nganggep kalo sinar itu adalah cahaya siang hari, jadi lo susah buat tidur deh.

Konsumsi Makanan Sehat

Dengan mengonsumsi makanan sehat, selain emang badan lo jadi lebih sehat dan fresh, tidur lo terjamin aman. Gak harus ribet, misalnya lo bisa ngurangin makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan karbohidrat sebelum tidur.

Kalo lo mau nyemil sebelum tidur, usahain cemilannya yang nggak berat dan menyehatkan ya Sob. Kayak buah-buahan atau makanan yang rendah kalori gitu misalnya.

Tenangin Diri


Lo bisa juga nih coba nenangin diri versi lo sebelum tidur. Setiap orang punya cara tenangnya masing-masing. Ada yang bisa tenang karena dengerin dongeng, dinyanyiin, baca buku, meditasi, dan lain-lain. Intinya kalo lo tenang, badan lo lebih mudah buat segera terlelap.

Yaudah cepetan dicoba dulu Sob hal-hal ini kalo lo lagi susah tidur. Tapi kalo emang masih belum bisa tidur juga, lo bisa nyoba dikelonin ayang kali yaaah (kalo punya xixixi).

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)