Tips Backpacker Ke Bali dengan Modal Di Bawah Sejuta!

0

Sounds Of Concert - Sob setuju nggak kalo misalnya Bali masih jadi primadonna bagi para wisatawan, baik domestik maupun internasional? Meskipun di Indonesia udah banyak banget pilihan tempat wisatanya, tapi Bali tuh masih punya tempat tersendiri di hati beberapa wisatawan.

Tapi, banyak wisatawan yang memutuskan untuk menunda perjalanannya ke Bali karena minim budget. Bali juga kerap dinilai menjadi tempat wisata yang cukup mahal. Padahal nih, ada beribu cara murah ke Bali yang nggak sampai bikin kantong lo meringis! Salah satunya dengan backpacking.

Apa sih arti backpackingBackpacking adalah perjalanan dengan budget minim ke suatu tempat tanpa membawa banyak barang atau perlengkapan. Selain tergolong murah, backpacking juga memberikan pengalaman travelling yang tak terlupakan.

Gue tertarik nih Sob, kasih tipsnya dong”, berikut beberapa tips backpacking ala anak SOC :

1. Bikin Manajemen Perjalanan

Pertama, pastinya adalah estimasi waktu. Ini penting untuk mengukur atau memperkirakan berapa lama waktu yang lo butuhkan untuk mengeksplor Bali. Estimasi waktu biasanya diukur sejak perjalanan menuju ke kota tujuan hingga balik lagi ke kota asal. Dengan melakukan hal tersebut, lo jadi mudah untuk menyusun spot-spot yang mau didatengin, budgeting, dan barang apa aja yang bakal lo butuhin selama perjalanan.

Selanjutnya adalah menentukan tempat terbaik sekaligus murah di Bali. Nggak perlu banyak mengeluarkan uang karena Bali sendiri sejatinya punya banyak tempat wisata yang murah bahkan gratis. Misalnya, pantai, air terjun, dataran tinggi, hingga tempat-tempat bersejarah yang sakral. Biasanya tempat-tempat tersebut biaya masuknya hanya sekitar 10 ribu – 15 ribu. Setelah lo tau estimasi waktu perjalanan, lo bisa mulai susun dalam sehari mau mengunjungi berapa tempat.

Misalnya, estimasi waktu lo di Bali sekitar 5 hari. Dalam sehari lo bisa mengunjungi 2-3 tempat. Oh iya, jangan lupa untuk nge-list tempat-tempat makan disekitaran lo juga. Warteg adalah pilihan terbaik dan termurah bagi para backpacker.

Terakhir, budgeting! Rencana backpacking lo hanya jadi wacana doang kalo nggak ada modalnya. Setelah lo menentukan estimasi waktu perjalanan, menentukan tempat-tempat mana aja yang mau lo datengin, lo bisa tuh mulai budgeting. Hanya dengan modal dibawah 1 juta, lo udah bisa puas eksplor Bali! Saran tambahan dari gue, jangan lupa siapkan dana darurat atau sisihkan sebagian modal lo untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu yang nggak diinginkan. Inget, dana darurat ini jangan lo sentuh sama sekali kecuali urgent!

2. Say No to Pesawat!

Semurah-murahnya ataupun lagi ada promo besar, transportasi udara itu memang tergolong cukup mahal. Saran gue sih, lebih baik gunakan jalur darat dan air. Meskipun memakan waktu yang cukup lama dan bikin pegel-pegel. Tapi, transportasi darat dan udara memiliki harga yang jauh lebih murah. Naik transportasi darat dan air juga bisa buat lo jadi lebih dekat dan memahami alam.

Transportasi yang biasanya digunakan oleh seorang backpacker adalah kereta api! Kalo dari Jakarta, lo bisa naik kereta api dengan tujuan akhir stasiun Banyuwangi. Rutenya adalah sebagai berikut :

Jakarta ke Surabaya. Lo bisa coba menggunakan Kereta Api Jayakarta dengan rute Stasiun Pasar Senen menuju ke Stasiun Surabaya Gubeng. Harga tiketnya ada di kisaran 230 ribu (ekonomi). Perjalanan dari Jakarta – Surabaya menggunakan kereta api kira-kira memakan waktu sekitar 14 jam.

Surabaya ke Banyuwangi. Setelah sampe di Stasiun Surabaya Gubeng, selanjutnya lo bisa tumpangi Kereta Api Probowangi dengan tujuan Stasiun Ketapang Baru. Harga tiketnya berkisar 56 ribu dan hanya ada kelas ekonomi aja. Adapun waktu tempuh dari Surabaya – Banyuwangi kurang lebih 7 jam.

Stasiun Ketapang Baru dan Pelabuhan Ketapang hanya berjarak 500 meter. Jadi, lo bisa lanjutkan perjalanan ke Bali dengan menumpang kapal feri seharga 8.500 (harga pejalan kaki)

Sebenernya masih banyak lagi rute yang bisa lo tempuh. Rute di atas cocok untuk lo yang nggak suka ribet dan pengen cepet nyampe. Tips tambahan, cari tiket dari jauh-jauh hari biar dapet yang murah.

3. Cari Penginapan Sekelas Losmen

Hotel emang menawan, tapi cuma losmen yang harganya berkawan. Kalo lo berniat untuk backpackingan nih Sob, cari sebanyak-banyaknya info harga losmen di internet. Bisa juga waktu nyampe di Bali, lo coba tuh keliling dulu dan jangan ragu masuk ke beberapa losmen untuk komparasi.

Walaupun Bali kelihatannya dipenuhi oleh hotel-hotel berbintang aja, tapi kalo lo bener-bener tekun masuk ke setiap gangnya lo pasti bakal nemuin losmen dengan harga sekitar 35 ribu – 75 ribu/malamnya. Kayak halnya disekitar Jalan Poppies Lane Kuta. Di sana ada cukup banyak losmen dan penginapan murah untuk para backpacker. Kalo mau lebih murah lagi atau bahkan gratis nih Sob, lo bisa tuh coba berkawan sama orang yang menetap di Bali.

Prinsip dari backpacking adalah keluarkan biaya seminimnya. Tipsnya nih, lo ajak beberapa temen lo untuk backpackingan juga supaya bisa share cost. Selain nggak ngerasa sepi, ngajak temen juga bikin pengeluaran lo jauh lebih murah.

Pahami Metode STOP (Silent, Think, Observe, Plan)

Kata Kak Ado, kalo lo berniat untuk menjadi seorang backpacker lo harus paham metode STOP (silent, think, observe, plan). Metode ini digunakan untuk melatih insting dan pola pikir lo dikondisi genting.

Serinci dan sesistematis apapun manajemen perjalanan yang udah lo susun, tapi lo nggak bakal pernah bisa prediksi apa yang bakal terjadi di lapangan. Makanya, lo perlu pelajari metode STOP supaya nggak panik ketika dihadapkan oleh sesuatu diluar rencana lo Sob.

Silent, ini hal pertama yang harus lo lakuin ketika menghadapi suatu masalah. Berdiam diri sejenak dan tenangkan pikiran lo dulu Sob. Ketenangan bisa membantu lo untuk berpikir jernih, sehingga bisa menentukan langkah yang akan diambil.

Think, pelan-pelan coba ajak diri lo berdiskusi dan berpikir positif. Cari tau penyebab yang membuat lo terjebak dalam suatu permasalahan dan mulailah cari solusinya. Selain itu, kumpulkan mental dan rasa percaya diri lo untuk menghadapi langkah selanjutnya.

Observe, perhatikan sekeliling lo. Kira-kira ada sesuatu atau seseorang yang dirasa bisa ngebantuin lo atau nggak. Dengan kepekaan lo terhadap sekitar, lo jadi mudah untuk survive dan keluar dari permasalahan.

Plan, rencanakan dan eksekusi. Setelah menenangkan diri, memikirkan penyebab dan solusi, serta memperhatikan sekitar, compile semua informasi yang udah lo dapet. Mulai susun rencana sistematis untuk menentukan nasib lo. Kalo udah yakin sama rencana lo, segera eksekusi!

Tips Tambahan

Tips tambahan yang nggak kalah penting dari tips-tips di atas; perluas pertemanan dan ikuti aturan di daerah lo menginjakkan kaki. Pertemanan atau link yang luas bakal memudahkan lo untuk mendapatkan bantuan jika terjadi sesuatu. Kemudian, selalu ingat peribahasa dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Dimanapun lo berada, lo harus bisa jaga sikap dan hormati aturannya.

Supaya rencana backpacking lebih mudah, tiket.com siap menjadi teman perjalanan lo Sob! Ada begitu banyak penawaran dan diskon yang tentunya bikin backpacking lo ke Bali semakin ekonomis.


Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)