HINDIA Meluncurkan Single Ketiga "Perkara Tubuh" sebagai Bagian Album 'Lagipula Hidup Akan Berakhir'

Sounds Of ConcertPada tanggal 18 Mei 2023, Hindia, seorang pencipta lagu dan musisi asal Jakarta, kembali menghadirkan sebuah single baru yang berjudul "Perkara Tubuh". Single ini merupakan persembahan ketiga dari album penuh Hindia yang berjudul Lagipula Hidup akan Berakhir. Album ini akan dirilis dalam dua bagian, yaitu pada tanggal 7 dan 21 Juli 2023. "Perkara Tubuh" didistribusikan oleh Sun Eater ke platform-platform musik digital.


Videoklip "Perkara Tubuh" disutradarai oleh Hanief Bagus dan diperankan oleh Margareta Marisa Hartono, Nadya "Sailormoney" Syarifa, Abdul Razzak Jauhar Usamah, serta Hindia sendiri. Videoklip ini akan mulai ditayangkan pada tanggal yang sama di kanal YouTube Hindia.


Lagu "Perkara Tubuh" mengangkat tema ketidaknyamanan dan ketidakberdayaan Hindia terhadap tubuhnya sendiri. Hindia mengungkapkan bahwa memiliki kepercayaan diri adalah hal yang sulit baginya, dan ia sangat menghormati mereka yang bisa nyaman dengan tubuh mereka masing-masing. Lagu ini ditulis oleh Hindia bersama Kareem Soenharjo.


Berbeda dengan dua single sebelumnya, "Janji Palsu" dan "Masalah Masa Depan", yang diproduseri oleh Enrico Octaviano, "Perkara Tubuh" diproduseri oleh Kareem, yang juga dikenal dengan nama panggung BAPAK. Kareem merupakan salah satu produser utama di album Lagipula Hidup akan Berakhir. Proses pengerjaan lagu ini berbeda, di mana Kareem memilih materi musik yang sudah ada di arsipnya dan cocok dengan topik yang ingin diangkat. "Instrumentasi dan format lagu ini selesai jauh lebih dulu dibanding lirik dan temanya. Mendapatkan sudut pandang yang spesifik untuk membicarakan topik ini butuh waktu yang cukup lama, yaitu satu tahun lebih dari pertama kali musik lagu ini selesai," ungkap Hindia.


Dari segi produksi, Kareem mengolah beat minimalis yang membuat lirik Hindia terdengar jelas dan intim. Lagu ini mencurahkan kegelisahan Hindia terhadap tubuhnya sendiri, mulai dari hal-hal yang berkaitan dengan penampilan hingga perasaan yang lebih dalam dan meresahkan. "Perkara Tubuh" menjadi unik dalam diskografi Hindia dan menjadi pilihan yang tepat sebagai salah satu single dari album Lagipula Hidup akan Berakhir. Hindia mengungkapkan bahwa lagu ini memperlihatkan perbedaan antara album pertama dan album kedua dari sudut pandang menanggapi perasaan.


Awalnya, lagu "Perkara Tubuh" mungkin sulit didengar bagi mereka yang mengalami hal serupa dengan Hindia dalam lagu ini, karena Hindia sendiri merasakan kesulitan dalam mengutarakan perasaannya. Namun, dalam kalimat penutupnya, terdapat pesan positif yang mengingatkan siapa pun yang merasakan ketidakpercayaan diri bahwa mereka tidak sendirian. "Aku tak nyaman dengan batinku/Kau juga kabari jika begitu," demikian kata-kata penutup dalam lagu tersebut.


"Perkara Tubuh" memiliki ciri khas lagu-lagu terbaik Hindia, yaitu personal namun dapat memberikan katarsis bagi pendengarnya. Lagu ini juga bermanfaat bagi penulisnya sendiri, Hindia. Ia mengungkapkan bahwa lagu ini membuatnya semakin menyadari bahwa ketidakpercayaan diri ada di dalam dirinya. "Saya jadi makin mawas dengan semua hal itu setelah menulis ini," kata Hindia.


Dengan demikian, "Perkara Tubuh" merupakan single baru yang berbeda namun tetap memuat ciri khas lagu-lagu terbaik Hindia. Lagu ini menjadi pengingat bahwa ketidakpercayaan diri bukanlah perjuangan yang harus dilalui sendirian.

Oleh: Muhammad Miko Prayoga

Hai fellas, gue Prayoga. Di Sounds Of Concert gue sebagai Founder & CEO, yang kadang suka kerjanya nulis di website ini. Lo semua nggak boleh ketinggalan dan baca terus artikel gue ya email instagram linkedin

Posting Komentar

Posting Komentar