Politik sebagai Belatung: Lingkar Cendala Rilis Video Klip 'Kaki Seribu

0


Sounds Of Concert Lingkar Cendala, unit rock n roll asal Karawang, telah merilis video klip terbaru mereka untuk single "Kaki Seribu" yang diambil dari EP perdana mereka yang berjudul "Manifesto Alegori Cendala". Dalam kolaborasi dengan rumah produksi independen Sinema Pinggiran yang digawangi oleh sutradara Allan Soebakir, video klip ini diproduksi di Hide in Hidden, Jakarta.


Konsep video klip ini menggabungkan citra funky dari personel Lingkar Cendala dengan ide semiotika visual yang berkaitan dengan "belatung-belatung penggerogot". Konsep ini dipilih oleh Allan Soebakir untuk menciptakan harmoni visual dengan lirik yang berbicara tentang tema "politik" dalam single "Kaki Seribu".


"Allan menggambarkan politik sebagai sesuatu yang kotor, dan dia membandingkannya dengan belatung. Seperti belatung yang menggerogoti daging tempat dia lahir dan tinggal, politik juga merusak dan meninggalkan kehancuran. Bagi Allan, ekosistem politik di negeri ini mirip dengan itu," ungkapnya dalam keterangan resminya.


Desta, gitaris, vokalis, dan motor utama Lingkar Cendala, menambahkan bahwa karya ini mengisahkan tentang ketidakadilan sosial politik, di mana kaum kapitalis birokrat selalu menindas kelas proletariat. "Semuanya tertekan oleh realitas dunia yang semakin dikuasai oleh pemodal licik yang menguasai segala sektor. Mereka seperti Kaki Seribu, menginjak-injak rakyat yang menderita tanpa peduli," kata Desta.


Lagu "Kaki Seribu" tidak hanya memiliki lirik yang vokal dan kritis terhadap kelas proletar, tetapi juga ditandai dengan musik yang penuh dengan atmosfer murka yang mereka tuangkan dalam setiap irama tegas dan melodi minor pentatonik. Dengan kekuatan empat personel yang karismatik: Desta Ericksen (vokal & gitar), Rifki Openg (gitar), Briansyah (bass), dan Septian Satriani (drum), Lingkar Cendala telah membuktikan kehandalan mereka dalam menciptakan lagu-lagu berkualitas.


Seperti fatamorgana yang menyegarkan jiwa di tengah kehampaan, Lingkar Cendala hadir sebagai analogi yang tepat di kancah musik Indonesia. "Kami berharap terus berkarya dengan gaya dan konsistensi yang khas dalam lingkar cendala," ujar Brian.


Sebelumnya, Lingkar Cendala telah merilis video klip pertama mereka melalui single "Langkah Kidal" yang mendapatkan perhatian ribuan penonton di saluran YouTube mereka sendiri pada tahun 2022. Kali ini, video klip single "Kaki Seribu" akan ditayangkan melalui saluran YouTube Sinema Pinggiran mulai Minggu, 18 Juni 2023 pukul 19.00 WIB.


Dengan merilis video klip "Kaki Seribu" yang dipenuhi dengan pesan politik dan visual yang unik, Lingkar Cendala membawa pengalaman musik yang berbeda dan memikat para penonton. Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan karya terbaru mereka yang menggugah dalam video klip ini.


NONTON VIDEO CLIP DI BAWAH INI


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)