5 Ide Outfit Skena, Siap Bikin Gayamu Lebih Nyentrik!

0

 

lemon8-app.com
Sounds Of ConcertBagi orang awam, pasti kedengarannya sangat asing saat baru mengetahui istilah skena. Untuk pertama kalinya, istilah skena muncul dari salah satu media sosial yang lagi hype banget di kalangan semua orang, yaitu TikTok. Rupanya istilah skena sudah ramai menjadi bahan perbincangan di kalangan anak milenial lho. Bahkan beberapa di antara mereka juga mulai terpengaruh dengan skena.


Menurut kabarnya, istilah skena ini sangat erat kaitannya dengan sekumpulan penikmat musik dengan genre yang sama, tetapi mereka juga memperhatikan style fashion yang dikenakan dengan ciri khas penampilan yang terkesan lebih berani tampil beda. Namun, jangan salah! Outfit yang mereka kenakan justru nggak pernah gagal, bahkan kelihatan cocok dan modis. Tertarik menirunya? Ini dia ide outfit skena yang bisa kamu coba!


Apa Itu Skena?

lhongtortai.com

Pasti di antara fellas masih banyak yang bertanya-tanya, apa sih skena itu? Jadi, secara umum istilah skena ini diartikan dengan sekumpulan orang yang punya selera terhadap satu hal yang sama, entah itu tentang fashion, musik, hobi, dan masih banyak lagi. Penyebaran subkulturnya terbilang sangat cepat dan mudah membawa pengaruh untuk semua lapisan masyarakat, terutama kalangan anak muda.


Namun, ada juga yang mengatakan kalau istilah skena ini sebenarnya merupakan suatu singkatan yang memiliki kepanjangan “sua, cengkerama, kelana”. Artinya, bahwa suatu perkumpulan dengan selera yang sama, mampu menciptakan suasana untuk berkelana ke suatu tempat dan saling bercengkrama untuk mengenal satu sama lainnya.


Biasanya, kalau urusan selera musik, anak-anak skena lebih condong ke arah musik bergenre rock atau techno yang dianggap memiliki keunikan tersendiri pada iramanya dan masih underground. Rata-rata para anggota skena juga memiliki pengetahuan yang cukup luas tentang musik, sehingga saat berkumpul pada suatu kesempatan, mereka bisa saling bertukar cerita tentang perkembangan musik di penjuru dunia.


Sayangnya, beberapa orang ada juga berspekulasi negatif dan menganggap kalau skena ini merupakan perkumpulan anak-anak muda yang suka mengkritik, keras kepala, dan nggak mau direndahkan. Namun, terlepas dari stigma negatif tersebut, solidaritas anak-anak skena ini cukup tinggi lho, mereka nggak akan segan-segan untuk saling membantu jika di antara teman-temannya mengalami kesulitan.


Rekomendasi Outfit Skena

Berbicara soal outfit skena, bahkan belum lama ini anak-anak skena berhasil mencuri perhatian publik dengan gaya berpakaian mereka yang sangat nyentrik dengan ciri khas tema outfit berwarna cerah atau monokrom. Meski dianggap aneh, model berpakaian semacam itu justru membuat penampilan mereka terkesan unik dan berani tampil beda.


Outfit apa pun yang mereka kenakan, itulah yang mencerminkan karakter kepribadian mereka. Jadi, buat kamu yang pernah bertemu sekumpulan anak-anak skena, pasti sudah familiar dengan style mereka. Jika Blibli Friends tertarik, kamu juga bisa lho meniru gaya outfit mereka. Kalau butuh referensinya, kamu bisa langsung cek ide outfit skena berikut ini ya


Jaket Kulit Berduri

vogue.com

Rekomendasi outfit skena yang pertama adalah jaket kulit berduri. Jaket kulit berduri adalah pakaian unik dan bergaya yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Jenis jaket ini menampilkan paku dan kancing yang memberikan tampilan edgy dan memberontak. Asal-usul jaket kulit berduri bisa ditelusuri kembali pada subkultur punk dan rock tahun 1970-an dan 1980-an.


Sebagian besar musisi punk dan rock dikenal karena sikap pemberontaknya, sering memasukkan paku dan kancing ke dalam pakaian dan aksesorisnya, termasuk jaket kulit mereka. Itulah mengapa, outfit jaket kulit berduri ini sangat dikaitkan dengan kepribadiannya. Saat ini, jaket kulit berduri telah berkembang pada semua lapisan masyarakat yang menghargai tampilan dan keserbagunaannya yang unik, termasuk kalangan skena.


Ripped Jeans

glamour.com

Rekomendasi outfit skena yang kedua adalah ripped jeans. Celana jeans robek juga termasuk jenis outfit favorit anak-anak skena lho. Model celana jeans ini biasanya memiliki lubang di dekat lutut, tetapi biasanya juga ada yang memiliki detail robekan di paha atau betis. Outfit ripped jeans paling pas untuk dipakai orang dengan tipe tubuh ramping atau kurus.


Jika kamu memiliki tipe tubuh curvy, ripped jeans bisa membuatmu terlihat lebih lebar. Outfit ini juga lebih cocok untuk acara santai daripada bergaya. Mereka populer pada akhir 1980-an selama era hard rock/heavy metal dan selama era grunge pada tahun 1990-an dan 2000-an. Budaya punk juga dikenal sebagai penggemar ripped jeans ini.


Kaos Oversized

villagepipol.com

Rekomendasi outfit skena yang ketiga adalah kaos oversized, yaitu t-shirt longgar yang memberi kesan mengenakan t-shirt dalam satu atau dua ukuran lebih besar dari yang kamu kenakan. Pakaiannya mengapung dan bisa sangat panjang atau lebar, bahkan menutupi bokong. Tujuannya agar bisa menyembunyikan bentuk tubuh dan mengenakan pakaian yang nyaman.


Outfit ini juga sering dipakai anak-anak skena, terutama dari kalangan wanita. Mereka memadukannya dengan celana jeans, atau celana jogger dengan sedikit gaya, di mana ujung kaos dilipat sedikit dan diselipkan di bagian celananya. bagi banyak orang, t-shirt baggy ini mewakili tampilan casual dan nyaman dikenakan di hari santai.


Crop Top

lushtoblush.com

Rekomendasi outfit skena yang keempat adalah crop top. Crop top adalah atasan dengan panjang badan yang diperpendek (Cropped). Panjangnya bervariasi mulai beberapa sentimeter dari pinggang hingga beberapa sentimeter di atas pusar, biasanya terlihat ketat dan menjadi outfit yang disukai para wanita. Crop top bisa berupa tank top, strapless, ataupun lengan panjang.


Beberapa anak skena juga sering terlihat mengenakan outfit crop top saat mereka sedang bertemu. Ada yang memadupadankannya dengan celana skinny jeans, rok pendek, hingga outer. Semua gaya yang dipilih terlihat cocok dan sangat fashionable. Mereka mampu menunjukkan kepercayaan dirinya dengan atasan bergaya & serbaguna untuk setiap kesempatan.


Kaos Band

Foto: (Doc. Muhammad Miko Prayoga)

Rekomendasi outfit skena yang terakhir adalah kaos band. Kaos band adalah T-shirt yang dikaitkan dengan konser atau tur konser, seringkali untuk band rock atau metal. Beberapa band juga memiliki merchandise berupa kaos yang biasanya dipromosikan saat peluncuran album atau konser.


Bagi kalangan anak skena, memakai outfit semacam ini, adalah hal yang wajar untuk menunjukkan rasa solidaritas kepada sesama penikmat musik. Selain itu, mix and match juga nggak terlalu ribet, biasanya mereka cukup menggunakan bawahan celana jeans saja, sementara untuk para wanita bisa juga menambahkan outer rajut agar lebih keren.

Gimana, menarik sekali bukan ide outfit ala skena? Jika fellas ingin mengekspresikan diri dengan penampilan yang berbeda, nggak perlu ragu untuk mencoba mix and match dari beberapa ide outfit skena yang terkesan nyentrik dan penuh kreativitas.


Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)